Senin, 30 Desember 2013

Salto Angel Air Terjun Tertinggi Di Dunia

salto angel
Air terjun Salto Angel I foto youtube
Salto Angel adalah salah satu air terjun tertinggi di dunia. Hal ini terletak di Dataran Tinggi Guyana dari Sungai Churun. Ini adalah salah satu keajaiban alam. Dalam sejarah dikatakan bahwa air terjun ini tidak diketahui oleh warga Venezuela sampai tahun 1930-an.

Penemuan air terjun ini berkat James Angel warga Negara Amerika yang menggunakan pesawat mencari tambang emas. Namun keberadaan gunung ini sudah lebih dulu diketahui Suku Indian Pemon dengan nama "Auyan-tepui" ("Aiyan-tepui") yang berarti "Gunung Setan".

Dikutip dari id.wikipedia.org. Air Terjun Angel atau Salto Angel adalah air terjun jatuh-bebas tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter (3.212 kaki) dengan jatuh tanpa hambatan sekitar 807 meter (2.647 kaki). Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela. Meskipun pertama kali dilihat di awal abad ke-20 oleh penjelajah Ernesto de Santa Cruz, air terjun ini tidak dikenal dunia sampai ditemukan secara resmi oleh penerbang Amerika, James Crawford Angel yang sedang terbang mencari lokasi tambang emas. 

Pada tahun 1936, James Angel kembali dan mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun. Air terjun ini dinamakan "Air terjun Angel" untuk mengenang penemunya, James Crawford Angel. Suku Indian Pemon menyebut air terjun ini sebagai "Auyan-tepui" ("Aiyan-tepui") yang berarti "Gunung Setan". 

Ketinggian resminya ditentukan oleh National Geographic Society pada 1949. Air terjun ini merupakan atraksi turis paling terkenal di Venezuela. 

Mengutip dari berbagai sumber online ternyata untuk menuju gunung air terjun angel hanya dapat di tempuh menggunakan perahu karet atau helikopter mengingat gunung ini memiliki hutan yang begitu tebal dan dataran tinggi. Selain itu lokasi ini hanya dapat dikunjungi pada musim kemarau, sedangkan untuk musim hujan gunung ini sungguh tidak bersahabat. 

Selain itu juga gunung ini menyerupai meja karena datar seperti sebuah meja. Selain mendapat julukan gunung tertinggi di dunia tapi juga alam terekstrem sedunia.

Saksikan Video Salto Angel, Extreme Nature 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar